Tips Jajanan Anak Sekolah

Anak kita suka jajan? tidak hanya di rumah, di sekolahpun mereka juga suka jajan. biasanya anak-anak lebih suka ngemil dibandingkan makanan berat. Jika sudah begini, bunda harus pintar-pintar mengatur cemilan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh ananda. Sejalan dengan jajanan anak sekolah yang dikonsumsi sebagai cemilan di berbagai kesempatan. Meskipun biaya yang bunda keluarkan tidak sedikit, tentu tidak begitu dipermasalahkan karena bunda pasti akan berusaha membuatnya senang dan sehat, bukan?

Bukan masalah untuk penghematan uang, melainkan untuk mengajari anak mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak agar ia tidak jajan sembarangan saat bunda tidak berada didekatnya.

Tips memilih jajanan anak sekolah

Berikut ini adalah tips jajanan anak sekolah yang boleh ananda konsumsi dilingkungan sekolah
1. Ajarkan pola hidup sehat. Dengan mengkonsumsi cemilan yang sehat, bersih, dan higienis. Agar tidak membeli jajanan di pinggir jalan dengan alasan kebersihan dan zat berbahaya yang mungkin terkandung di dalamnya. Kemungkinan akan terkena diare hingga bisa menyebabkan keracunan makanan.
2. Ajak anak berbelanja membeli cemilan di supermarket. Beri tahu mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak. Perhatikan juga kandungan penyedap makanan dan pengawet yang terdapat dalam cemilan.
3. Dibiasakan memberi anak cemilan sehat, enak, dan mengenyangkan, seperti susu, yoghurt, agar-agar, puding, buah segar, dan sebagainya.
4. Sebelum anak berangkat sekolah, tidak hanya bekali dengan makan siang namun juga dengan susu kotak atau yoghurt, serta buah segar, bisa menjadi pilihan cemilan yang sehat. Hal ini menghindari ananda untuk jajan sembarangan di sekolah.
Untuk anak sekolah jajanan, merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari mereka. jajanan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sekolah karena keterbatasan waktu bunda untuk membuat makanan di rumah. Selain murah jajanan juga mudah didapat. Berdasarkan kondisi ini seharusnya jajanan dapat dikelola menjadi produk yang sehat aman untuk dikonsumsi. Jajanan sehat adalah makanan¬ yang memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Lingkungan jajanan anak disekolah terbebas dari kotoran, debu, lalat, semut, kecoa dan binatang lain yang dapat membawa kuman penyakit.
2. Makanan yang disajikan menggunakan alas yang bersih dan sudah dicuci dengan air bersih.
3. Kecuali makanan yang tidak di bungkus dengan plastik atau daun, dengan menggunakan sendok, garpu atau alat lain yang bersih.
4. Serta menggunakan lap yang bersih untuk mengeringkan alat-alat yang dibutuhkan tempat makanan supaya bersih.
Berikut ini adalah makanan yang memiliki kriteria nilai kandungan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi bagi anak-anak:
1. Makanan terbebas dari kandungan bahan kimia dan pengawet.
2. Makanan terbebas dari kandungan bahan pemanis buatan dan pewarna buatan.
3. Menggunakan air yang dimasak bukan yang tidak matang.
4. Makanan terbebas dari kandungan bahan makanan yang sudah busuk, misalnya telah tercemari oleh obat serangga atau zat kimia yang berbahaya.
5. Makanan terbebas dari kandungan yang tidak dihalalkan oleh agama.
Serta yang harus kita perhatikan terkait dengan jajanan adalah buruknya sanitasi dan tidak terjaminnya kebersihan dalam mengolah dan menyajikan makanan sehingga dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada anak-anak yang jajan disekolah.
Bekalilah ananda dengan yoghurt sebagai jajanan anak sekolah silahkan order my healthy yoghurt tersedia dalam bentuk ice stick yang yummy, pasti disukai semua anak.

Pin It

blogging tips

blogging tips