Saat susah buang air besar, kotoran akan menumpuk di usus kita. Menyebabkan perut terasa tidak enak. Jika badan sudah tidak enak, tentunya akan berdampak pada hal lain dalam kehidupan kita, misalnya saja jadi sulit konsentrasi bekerja akibat perut terasa penuh.

Sembelit yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati dapat mengarah kepada kanker. Selain itu, kebiasaan buang air besar kita bisa menjadi suatu indikasi adanya penyakit lain yang bersarang di tubuh kita. Jadi, kita harus lebih memperhatikan kesehatan pencernaan.


Menggunakan obat sembelit atau obat susah bab yang dikenal obat pencahar untuk mengatasi susah buang air besar, sebenarnya tidak disarankan. Bahkan obat pencahar sebetulnya adalah salah satu penyebab sembelit. Lebih baik jika kita rutin mengonsumsi makanan tinggi serat, banyak minum air dan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik sebagai tambahan.


Probiotik dapat membantu usus kita bekerja lebih baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan. Probiotik, salah satunya, bisa kita dapat dengan mengonsumsi yoghurt. Tentunya dengan catatan, yoghurt tersebut memang diproses dengan menambahkan probiotik ke dalamnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda terlanjur terkena sembelit, ada baiknya jagalah kelancaran pencernaan Anda mulai dari sekarang.


Source :
http://health.kompas.com
http://www.suaramedia.com

Pin It