Apa Itu Yoghurt

Myhealthy1Apa Itu Yoghurt
Masihkah ada orang yang belum tau apa itu yoghurt? Bicara tentang yoghurt tidak lepas dari yang namanya susu, karena yoghurt adalah produk fermentasi susu dengan menambahkan beberapa bakteri sehingga mengeluarkan cita rasa yang asam dalam proses fermentasi susu tersebut. Berikut 4 Jenis Bakteri dalam yoghurt serta Manfaat Kesehatannya:
1. Streptococcus Thermophilus
Streptococcus thermophilus atau Streptococcus thermophilus subsp salivarius merupakan bakteri streptococcus non-sporous, non-patogenik, dan non-motile. Streptococcus thermophilus biasanya digunakan untuk memproduksi yoghurt, keju, susu, maupun produk susu lainnya. Bakteri streptococcus bermanfaat untuk meredakan gejala intoleransi laktosa, menurunkan asam lambung, dan gangguan pencernaan lainnya.
2. Lactobacillus Delbrueckii Subspecies Bulgaricus
Lactobacillus delbrueckii subspesies bulgaricus (kadang-kadang disebut sebagai Lactobacillus bulgaricus) adalah bakteri yoghurt yang memfermentasi laktosa untuk menghasilkan asam laktat. Bakteri ini memfermentasi susu untuk menghasilkan asetaldehida, yang memberikan aroma khas yoghurt.
Mikroorganisme menguntungkan ini membantu memecah laktosa, membantu perkembangan bakteri baik lainnya, mempertahankan kekebalan terhadap penyakit, mengelola kadar kolesterol, serta efektif dalam proses metabolisme lipid. Lactobacillus bulgaricus juga menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen berbahaya pada saluran pencernaan.
3. Lactobacillus Acidophilus
Lactobacillus acidophilus adalah bakteri menguntungkan yang ada secara alami di dalam mulut serta saluran pencernaan hewan dan manusia. Bakteri ini digunakan secara komersial untuk memproduksi yoghurt acidophilus. Acidophilus adalah jenis bakteri yoghurt yang bermanfaat menurunkan perut kembung, bau mulut, memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh antibiotik, serta menjaga kesehatan dan kebersihan usus.
4. Bifidobacterium
Bifidobacterium adalah bakteri probiotik yang bersifat non-motil dan anaerob yang sering ditambahkan dalam yoghurt, makanan penutup beku (frozen dessert), susu bubuk, dan buttermilk. Bifidobacterium merupakan jenis bakteri asam laktat dan secara alami terdapat di saluran pencernaan manusia.
Bifidobacterium membantu mengurangi efek samping dan kerusakan yang disebabkan oleh antibiotik, melancarkan buang air besar, pengobatan diare yang disebabkan oleh antibiotik, mempertahankan keseimbangan pH usus, menghambat pertumbuhan bakteri penghasil nitrat di usus besar, serta mensintesis vitamin B-kompleks.
Apa sih manfaat dari yoghurt? berikut manfaat kita mengkonsumsinya :
1. Memperlancar pencernaan dalam tubuh
Kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yoghurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh.
2. Menjaga kesehatan jantung
“Apa Itu Yoghurt, yoghurt adalah makanan rendah lemak sehingga baik untuk kesehatan jantung. Jika mengkonsumsi yoghurt dengan porsi tepat mampu mencegah atau setidaknya menurunkan risiko serangan darah tinggi”. Hal ini disebabkan karena kandungan protein dalam susu mampu mengendalikan tekanan darah, magnesium, kadar kalsium, potasium serta efektifitas nya dalam penurunan tekanan darah.
3. Menjaga kekebalan tubuh terhadap bakteri jahat (Antimikroba)
Selain asam laktat yang dihasilkan yoghurt, dihasilkan pula zat yang bersifat antimikroba yang menghasilkan antibiotik dan beberapa bakteri baik yang mencegah serangan bakteri jahat yang dihasilkan oleh asam asetat dan hydrogen peroksida.
4. Mencegah timbulnya Candida Albicans
Candida Albicans, merupakan jenis jamur penyebab penyakit wanita yang disebut vaginitis yang merupakan penyakit kelamin yang menyebabkan rasa gatal dan ketidak nyaman pada bagian kelamin wanita. Jamur Candida Albican mampu dikendalikan pertumbuhannya oleh bakteri probiotik.
5. Sebagai pencegah Osteoporosis
Penyerapan Kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk kekuatan tulang dihasilkan oleh asam laktat yang memproduksi metabolit. Metabolisme tulang juga mampu berjalan baik karena yoghurt membantu memproduksi vitamin K yang berperan penting dalam hal ini.
6. Mendukung proses pencernaan laktosa
Yoghurt lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga baik digunakan sebagai alternatif bagi penderita yang tidak mampu mencerna laktosa susu dan baik untuk diet.
Nah sekarang taukan apa itu yoghurt dan manfaatnya untuk kesehatan, ayo kita bisa investasi kesehatan kita dengan mengkonsumsi yoghurt silahkan order my healthy yoghurt tersedia dalam bentuk ice stick dan yoghurt cair dalam botol yang yummy.

Incoming search terms:

  • apa itu yoghurt
  • apa itu yogurt
  • yogurt itu apa
  • apa itu yougurt
  • apa yougrt itu
  • apa itu yogit
  • apa itu yogurht
  • apa itu yogurt serum
  • yorgut itu ap
  • apa itu yoguhrt
Lazada Indonesia Lazada Indonesia Lazada Indonesia Lazada Indonesia Lazada Indonesia