Enzim ini berfungsi untuk ‘memperkuat’ proses pencernaan, tapi sayangnya enzim khusus ini tidak akan dihasilkan kalau tidak ada serat yang cukup dalam makanan yang dikonsumsi. Disarankan untuk mengkonsumsi minimal 25-30 gram serat per hari. Jadi mulai dari sekarang harus sering-sering mencari jajanan sehat atau cemilan sehat terutama yang banyak mengandung serat.

3. Cukupi kebutuhan cairan. Air merupakan esensi yang sangat penting untuk tubuh. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyeimbangkan metabolism. Cairan terbukti efektif dalam mengatasi masalah sembelit, di samping berguna meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Konsumsi makanan probiotik. Makanan probiotik sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan, makanan probiotik, seperti dadih (susu yang digunakan untuk membuat keju), idli, dan yoghurt, mungkin dapat membantu ketika Anda sedang terkena diare, sindrom iritasi usus (IBS), dan penyakit radang usus (IBD). Namun, para peneliti masih bekerja untuk menentukan dampak organisme probiotik tertentu pada kondisi kesehatan tertentu.

5. Hindari merokok dan minuman keras/alkohol. Menghindari merokok dan minum minuman keras selama terkena permasalahan pencernaan dapat mempercepat penyembuhan.

Disarikan dari:
http://health.kompas.com/read/2011/08/26/10365527/
10.Cara.agar.Bebas.Problem.Pencernaan

cemilan sehat

 

Pin It

blogging tips

blogging tips