Makanan Untuk Mengobati Anemia

Mengobati Anemia

Udah pada tahu belum apa itu sel darah merah dan apa fungsinya? Sel darah merah adalah komponen paling utama di dalam tubuh karena memiliki banyak fungsi, salah satu diantaranya membawa oksigen ke seluruh bagin tubuh. Sel darah merah memiliki warna merah karena mengandung protein dan juga zat besi yang dikenal sebagai hemoglobin. Untuk membuat tubuh kita tetap mendapatkan suplai darah merah, maka kita membutuhkan makanan penambah darah untuk mengobati anemia tentunya yang mengandung tinggi zat besi dan vitamin B-12.

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kita mengalami defisit sel darah merah dari segi kuantitas. Hal ini biasanya disebabkan tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah dengan baik akibat kekurangan zat besi dari makanan.

Beberapa tanda seseorang mengalami kurang darah:

  • Kelopak mata bagian dalam akan berwarna merah pucat.
  • Sakit kepala karena kurangnya asupan oksigen ke otak.
  • Sering mengalami 5L yaitu letih, lelah, lesu, lemah dan loyo.
  • Wajah terlihat pucat karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh.
  • Mual setelah keluar tempat tidur atau gejala morning sickness
  • Menurunnya kekebalan disebabkan sedikitnya energi dan oksigen
  • Rambut rontok disebabnya kurangnya asupan nutrisi ke kulit kepala.
  • Sesak nafas karena kurangnya daya dukung oksigen dalam tubuh.
  • Jantung berdebar karena kurangnya oksigen dan sesak nafas.
  • Ujung jari jika ditekan akan terlihat pucat.

Berikut adalah beberapa jenis makananan yang dapat kita gunakan untuk membantu Mengobati Anemia yang kita alami:

  1. Yoghurt

    Tidak jauh berbeda dengan susu yaghurt juga menjadi makanan penambah darah cukup baik. Yoghurt memiliki kandungan hampir sama dengan susu seperti kalsium, protein dan vitamin B-12. Makanan ini dapat mengobati anemia dan juga mengandung bakteri baik sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan pembersih usus besar.

    2. Susu

    Defisiensi sel darah merah dapat dicegah dengan rutin minum susu. Minuman sehat ini dilengkapi dengan vitamin B12 yang dibutuhkan dalam produksi darah merah.

    3. Daging merah

    Daging sapi tergolong ke dalam makanan ideal untuk menambah darah. Daging sapi mengandung unsur penting pembentuk hemoglobin yaitu vitamin B12 dan zat besi.

    4. Telur

    Jangan takut untuk mengkonsumsi telur, dengan alasan tinggi lemak yang ada di dalamnya. Nutrisi di dalam telur juga cepat dalam meningkatkan pembentukan sel darah merah.

    5. Makanan Laut

    Sumber vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan laut seperti lobster, kepiting, dan gurita. Bukan hanya vitamin B12, makanan laut umumnya mengandung zat besi.

    6. Ikan sarden

    Lebih dari tinggi asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, sarden juga efektif untuk menambah darah disebabkan kaya akan vitamin B12.

    7. Ikan salmon

    Ikan laut ini mengandung selenium, omega-3, vitamin D, dan vitamin B12. Salmon baik untuk dimasukkan ke dalam menu harian sebagai makanan penambah darah. Dibutuhkan sekitar 35gr salmon untuk memenuhi total kebutuhan Vitamin B12 harian.

Demikian makanan penambah darah untuk membantu mengobati anemia yang bisa kita jadikan sebagai menu sehat di rumah. Silahkan order My Healthy Yoghurt tersedia berbagai rasa buah yang yummy.

Incoming search terms:

  • minum yogurt itu menambah darah atau tidak